Jurnal Pendidikan Embun Pagi, Vol. 7, No. 2, 2021

Jurnal Pendidikan Embun Pagi merupakan jurnal yang memuat artikel pendidikan dan pembelajaran hasil penelitian dan non-penelitian, baik berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), studi kasus, studi pembelajaran, hasil survei, ide dan gagasan ilmiah yang bermanfaat bagi perkembangan pendidikan dan pembelajaran.

Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli.

Judul JurnalJurnal Pendidikan Embun Pagi
EdisiVol. 7, No. 2, Juli – Desember 2021
BahasaBahasa Indonesia
Frekuensi Terbit6 Bulanan
ISSN2460-8653

DAFTAR ISI

NURJANNAH, S.Pd.
SD Negeri 8 Maccope, Kec. Lalabata, Kab. Soppeng, Sulawesi Selatan

Abstrak: Berdasarkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 8 Maccope tahun pelajaran 2017 rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia masih rendah. Hal itu merupakan masalah bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar pada pada siswa. Upaya yang dilakukan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diharapkan mampu meningkatkan belajar pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 8 Maccope melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Bagi guru meningkatnya kualitas pembelajaran dan bagi sekolah dapat memberikan kontribusi yang positif bagi upaya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama dua siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 8 Maccope, Dari hasil penelitian sebelum melakukan tindakan kelas belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI sebanyak 14 siswa (hanya 46,2%) dengan rata-rata 55 pada saat belajar siswa belum menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Setelah diberi tindakan, hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 69 dengan ketuntasan 70,1% pada dan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 87 dengan ketuntasan 88,5% pada KKM 70.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Bahasa Indonesia

SITI DAROYAH, S.Pd.I
SDN Kradinan 01, Kec. Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran learning community dapat meningkatkan prestasi belajar agama materi kitab-kitab Allah pada siswa kelas V SDN Kradinan 01 Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Hasil penelitian membuktikan bahwa hasil nilai rata-rata prestasi belajar, pada siklus I adalah 60,50 dan pada siklus II didapat 69,00 serta pada siklus III mencapai 78,50 sehingga terjadi kenaikan yang signifikan dari siklus I ke siklus II, begitu juga dari siklus II ke siklus III. Sehingga dapat disimpulkan dari niliai rata-rata ada kenaikan yang signifikan. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 30% dan pada siklus II didapat 70% serta pada siklus III mencapai 100% sehingga ketuntasan terjadi ada kenaikan yang signifikan pada setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan dari ketuntasan belajar ada kenikan yang signifikan. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning community dapat meningkatkan prestasi belajar agama materi kitab-kitab Allah siswa kelas V SDN Kradinan 01 Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata kunci: pembelajaran learning community, prestasi belajar agama, materi kitab-kitab Allah

NEPRIDAWATI, S.Pd
SMP Negeri 2 Mandau Kec. Bengkalis Prov. Riau

Abstrak: Penetilian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan prestasi belajar IPS dan kemampuan bekerjasama dalam kelompok materi kegiatan pokok ekonomi dengan metode kooperatif Teams Game Tournaments pada siswa kelas vii g smp negeri 2 mandau semester ii tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif komparatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Di dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan penelitian diperoleh simpulan bahwa tindakan yang diperlukan dalam penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournaments untuk meningkatkan prestasi belajar melalui beberapa tahap, yaitu tahap penyajian kelas, tahap diskusi kelompok, tahap turnamen, dan tahap penghargaan. Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa di kelas VII G dari jumlah rata-rata 64,11 menjadi 72,05 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,11 pada siklus II dengan ketuntasan belajar yang dicapai sebesar 85,29%. Di dalam menerapkan model Team Games Tournaments, guru diharapkan dapat mengatur waktu, mempersiapkan rencana kegiatan pembelajaran dan media yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efisien.

Kata kunci: metode Kooperatif Team Games Tournaments, prestasi belajar, kerjasama kelompok

Hj. HERMAWATI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Mandau, Kabupaten Bengkalis, Prov. Riau

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas IX A pada Kompetensi Dasar Uang dan Lembaga Keuangan di SMPN 2 Mandau melalui model pembelajaran Scremble. Penelitian ini dilakukan dalam 3 bulan terbagi dalam 2 setting siklus dengan hasil analisa data menyatakan bahwa 1). Kondisi awal ketuntasan klasikal hanya mencapai 52,3%. berada dibawah KKM yang ditetapkan sebesar 85% (kondisi ideal). 2). Siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 72,7% masih di bawah KKM. 3). Siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 90,1% diatas KKM yang berarti telah tercapai indikator keberhasilan. 4) Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa: ada peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS siswa pada kompetensi dasar uang dan lembaga keuangan melalui model pembelajaran Scremble pada siswa kelas IX A SMPN 2 Mandau. Kab. Bengkalis semester 2 Tahun Pelajaran 2018/ 2019, bahkan tergolong tuntas belajar secara klasikal karena diperoleh ketuntasan klasikal 90,1% diatas KKM yang berarti telah mencapai indikator keberhasilan.

Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar, dan model pembelajaran Scremble

SITI RUKANAH, S.Pd.
SMP Negeri 2 Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan paparan best practice ini adalah untuk meningkatkan kreativitas menggambar bentuk melalui pembelajaran outdoor siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Barat. Tahap kegiatan inti yaitu guru menjelaskan langkah-langkah menggambar bentuk yang akan dilakukan di luar kelas. Siswa di berikan penjelasan secara singkat dan jelas mengenai menggambar bentuk. Guru memberikan bimbingan, arahan dan pemantauan terhadap perilaku siswa yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran di luar kelas agar kegiatan pembelajaran tetap terarah dan berjalan dengan baik. Guru senantiasa memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan kemampuan dan gagasannya. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Hasil pembelajaran menggambar bentuk melalui pembelajaran outdoor yang dilaksanakan telah mencapai target yang diharapkan, sebagian besar hampir 80% siswa kelas VII D sudah berhasil mencapai target nilai di atas nilai minimal KKM.

Kata kunci: best practice, pembelajaran outdoor, menggambat bentuk

CAHYANINGSIH SUGIATI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Mengidentifikasi unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar dengan Students’ Worksheet siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kauman Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2021. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 61,6 dengan ketuntasan 35,7% pada KKM 70. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 70,5 dengan ketuntasan 67,8% pada KKM 70. Pada siklus III nilai rata-rata kelas baru mencapai 78,8 dengan ketuntasan 100% pada KKM 70; maka dapat disimpulkan bahwa: pembelajaran dengan Students’ Worksheet dapat meningkatkan minat belajar, dan prestasi belajar siswa baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kauman Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: karya sastra bahasa Indonesia, students’ work sheet

AGUS SUSILO, S.Pd.
Pengawas SD, Kabupaten Bengkalis, Prov. Riau

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja guru dalam perancangan pembelajaran melalui supervisi akademik Pengawas di SD Binaan Kecamatan Mandau Kab. Bengkalis tahun pelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Dalam Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal. Dari 67,05% pada siklus I, dapat meningkat menjadi 77,05% pada siklus II, dan siklus ke III 85,58%. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan Pengawas melalui supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru dalam perancangan pembelajaran SD Binaan Kecamatan Mandau Kab. Bengkalis.

Kata Kunci: Kinerja Guru, Perancangan Pembelajaran, Supervisi Akademik Pengawas

SRI WIYATI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam bermain musik ansambel melalui penelitian ini peneliti akan mencoba menerapkan metode tutor sebaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Proses pelaksanaan, penelitian ini dibagi menjadi 3 siklus, setiap siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, unjuk kerja, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar bermain recorder. (2) Metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar bermain pianika.(3) Metode tutor sebaya mampu mengefektifkan waktu pertemuan di dalam kelas dibandingkan dengan metode klasikal.

Kata kunci: bermain musik ansambel, tutor sebaya

SUTILAH, S.Pd. SD.
SD Negeri 1 Pecekelan, Sapuran, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pop-up interaktif yang layak digunakan pada pembelajaran IPS materi peranan BPUPKI dan PPKI bagi siswa kelas Va SD Negeri 1 Pecekelan Kecamatan Sapuran. Pengembangan media pop- up interaktif dilakukan menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pengembangan media pop-up interaktif dilakukan menggunakan 5 dari 10 langkah pengembangan yaitu pengumpulan data, perencanaan pembuatan produk, pengembangan draft produk, uji coba lapangan utama, dan penyempurnaan produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4.3 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi media terakhir mendapatkan skor rata-rata 4.8 dengan kategori sangat baik. Hasil penilaian siswa pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama secara berurutan mendapatkan skor 4.92 dan 4.80 dengan kategori sangat baik disetiap hasil uji coba lapangan. Hasil penilaian guru pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama secara berurutan mendapatkan skor 4.72 dan 4.81 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pop-up interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi peranan BPUPKI dan PPKI di kelas Va SD Negeri 1 Pecekelan Kecamatan Sapuran.

Kata kunci: media pop-up interaktif, pembelajaran IPS, peranan BPUPKI dan PPKI

PANCA DARWATI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif dengan model Problem Based Instruction (PBI) dapat menciptakan pembelajaran efektif untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar Matematika pada materi Persamaan Garis Lurus pada siswa kelas VIII-B Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Barat, Magetan semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: Dari 4 aspek partisipasi siswa rata-rata siklus I: 66,54% kategori ”sedang” dengan tingkat partisipasi cukup baik, dan siklus II dari 4 aspek partisipasi siswa rata-rata: 76,53% kategori ” tinggi”dengan tingkat partisipasi baik. Prestasi belajar siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 71,45 dengan ketuntasan 35,48% pada KKM 75. Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 76,54 dengan ketuntasan 87,09% pada KKM 75. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran sudah mencapai kriteria yang ditentukan.

Kata Kunci: efektif, partisipasi, prestasi, Problem Based Instruction.

SUNARTI, S.Pd.
Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode Kooperatif Teams Accelerated Instruction (TAI) terhadap peningkatan prestasi pembelajaran Matematika di Kelas VIII D Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Madiun Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Kegiatan penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Madiun, di mana peneliti melaksanakan sebagai tugas sebagai guru pengajar. Materi pelajaran Matematika yang dipelajari adalah Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Penelitian ini dilakukan 3 bulan yaitu bulan Pebruari sampai dengan April 2019. Obyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII D MTsN 1 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil data di atas, nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar sebelum siklus didapat nilai 63,28; siklus 1mencapai 72,24; siklus 2 mencapai 82,07.

Kata kunci: prestasi belajar matematika, metode Teams Accelerated Instruction

MUSTIKO, S.Pd.SD
SD Negeri 1 Bowongso, Kalikajar, Kabupaten Wonosobo

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara ilmiah apakah pendampingan berbasis kelasdapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pendekatan saintifik dan untuk mengukur peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan diskusi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi menyusun RPP dengan pendekatan saintifik melalui pendampingan berbasis kelas di Sekolah Dasar Negeri 1 Bowongso.Nilai rata-rata telah mencapai 85,29 dan 85,71% guru- guru mengalami peningkatan kompetensi menyusun RPP dengan pendekatan saintifik melalui pendampingan berbasis kelas, maka penelitian telah berhasil dari target penelitian yaitu 80% guru mencapai skor 80 dengan kategori baik dan rata-rata nilai dalam satu sekolah minimal 80.

Kata kunci: pendampingan, kompetensi guru, menyusun RPP, pendekatan saintifik

Klik tanda Lepas pada bagian pojok kanan atas berkas (file) pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).

Anda hanya memiliki akses untuk melihat atau membaca jurnal saja. Akses untuk mencetak (print), mengunduh (download), dan salin-tempel (copy-paste) telah dibatasi.

Bagi Anda yang ingin mengunduh file jurnal secara utuh (lengkap) yang dapat digunakan sebagai referensi Anda, silahkan menghubungi kontak kami.

Bagi Anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK Anda dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.